10 Nama-nama Malaikat yang Wajib Diketahui

Jul 6, 2020
Konten

Dalam agama Islam, malaikat merupakan makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah SWT. Mereka berfungsi sebagai utusan-Nya untuk melaksanakan berbagai tugas yang telah diberikan. Sebagai umat Islam, penting bagi kita untuk mengenal nama-nama malaikat dan tugas-tugas masing-masing. Berikut adalah 10 nama-nama malaikat yang wajib diketahui:

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril merupakan malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu Allah kepada para nabi. Dia juga dikenal sebagai malaikat pertama yang melakukan kontak dengan Nabi Muhammad SAW.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail adalah malaikat yang bertugas mengatur rezeki dan urusan-urusan dunia. Dia juga dipercaya sebagai malaikat yang bertanggung jawab atas peristiwa alam.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil memiliki tugas yang sangat penting, yaitu meniup sangkakala untuk mengumumkan kiamat. Dia dikatakan sebagai malaikat yang memiliki suara yang paling nyaring di antara semua malaikat.

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail merupakan malaikat kematian yang bertugas untuk mencabut nyawa setiap makhluk hidup saat tibanya waktunya. Dia bekerja atas perintah Allah SWT dengan tugas yang suci.

5. Malaikat Malik

Malaikat Malik adalah penjaga neraka jahannam. Dia memiliki wajah yang sangat seram dan tugasnya adalah mengawasi para penghuni neraka serta menjalankan hukuman sesuai dengan ketentuan Allah.

6. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan adalah penjaga pintu surga. Dia menjaga pintu bagi orang-orang yang berbuat baik dan taat kepada Allah. Peranannya sangat penting dalam memastikan siapa yang layak masuk surga.

7. Malaikat Raqib dan Atid

Malaikat Raqib dan Atid adalah dua malaikat yang selalu mencatat perbuatan manusia. Mereka mencatat baik buruknya amal perbuatan manusia. Raqib mencatat amalan baik, sedangkan Atid mencatat amalan buruk.

8. Malaikat Harut dan Marut

Malaikat Harut dan Marut merupakan dua malaikat yang diutus untuk mengajarkan ilmu sihir kepada manusia. Mereka memberikan ujian kepada manusia untuk menguji kesetiaan dan keimanan mereka kepada Allah.

9. Malaikat Munkar dan Nakir

Malaikat Munkar dan Nakir adalah malaikat yang ditugaskan untuk menginterogasi manusia di dalam kubur. Mereka bertanya tentang keyakinan seseorang terhadap Allah dan agama Islam.

10. Malaikat Hafazhah

Malaikat Hafazhah adalah malaikat penjaga dan pelindung setiap manusia. Mereka bertugas mencatat semua perbuatan manusia sejak lahir hingga mati. Catatan ini akan menjadi saksi di hari kiamat.